Dalam beberapa tahun terakhir, industri bisnis indonesia ramai di isi oleh pemain baru berusia muda. Sebut saja Andrew Darwis CEO dari Kaskus , Achnad Zaky pemilik Bukalapak, dan tentu saja Nadiem Makarim sipenggagas Gojek. Sosok mereka menjadi sebuah bukti bahwa untuk membangun bisnis yang sukses tidak harus menunggu sampai usia senja. Hal ini pula lah yang menjadi motivasi Intan dan Atina, dua bersaudara dibalik Vanilla hijab yang kini sukses menjadi salah satu brand hijab terkemuka di indonesia
Berbeda
dengan beberapa sosok di atas yang membangun bisnis dibidang Start up, Intan
dan Atina justru memilih hijab sebagai ladang bisnis mereka. Jika di telaah
kembali, persaingan fashion muslimah terutama hijab mengalami berkembang sangat
pesat sejak beberapa tahun terakhir. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk
bersaing di tengah kompetitor yang sudah memiliki brand yang kuat dan dikenali
pasar. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat Intan dan Atina dalam
membangun bisnis hijab tersebut
Pada
awalnya, Vanilla hijab merupakan bisnis yang dikelola sendirian oleh atina,
sang adik. Ia sama sekali tidak pernah sekalipun terbesit untuk berkecimpung
dalam dunia bisnis. Atina merasa bisnis bukanlah passion nya. atina telah lama
bercita-cita menjadi seorang insiyur perminyakan dan hal itu sebagian telah
terealisasi dengan dirinya di terima di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik
minyak. Namun belum tuntas pendidikan nya tersebut, Atina mengalami Rheumatoid
arthritis rematik, sebuah penyakit yang membuat ia tidak bisa berjalan sama
sekali selama beberapa waktu. Penyakit Atina tersebut peraktis membuat ia harus
berhenti dari semua aktifitas nya, Ia diharuskan beristirahat total dan
melakukan rangkaian pengobatan untuk penyembuhan penyakitnya. Dalam kondisi
tersebut, ia keluar dari kampus dan menjalani pengobatan yang melelahkan.
Penyakitnya
tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, perhatian keluarga semua
terfokus pada kesembuahan atina.Tak tega dengan kesusahan orang tua, ketika
keadaan nya sudah sedikit membaik, ia memutuskan untuk mandiri dengan mulai
berjualan hijab, menurutnya hijab adalah bisnis yang mudah dengan segmen pasar
yang besar. Ia menjadi reseller dengan menjual hijab dari pasar. Saat itu ia
tidak mengeluarkan uang sama sekali karena menerapkan sistem preorder. Bisnis tersebut
berkembang perlahan-lahan, dari menjual 1 potong perminggu hingga puluhan
potong dalam sebulan. Ia hanya menggunakan instagram sebagai media penjualan. Dulu
marketplace tidak sebooming sekarang dan instagram menjadi media yang dianggap
paling efektif untuk menjual produknya. Dengan kamera seadaanya, bisnis yang
dijalankan Atina perlahan tumbuh semakin besar. Di tahun kedua bisnisnya, ia
memutuskan untuk memproduksi sendiri hijab yang ia jual karena permintaan yang
semakin banyak.
Pada
mulanya, Atina yang awam dan tidak mengerti dunia fashion merasa kesusahaan
untuk mewujudkan ide tersebut. Ia tidak memiliki koneksi serta pengalaman,
proses untuk membuat rumah produksi tersebut berjalan cukup lama hingga
akhirnya ia menemukan beberapa penjahit keliling yang bersedia di pekerjakan.
Setelah
membuat rumah produksi sendiri bisnis atina semakin berkembang pesat, intan
sang kakak yang awalnya tidak terlibat langsung merasa kasihan pada sang adik
yang terlihat kewalahan, akhirnya Intan memutuskan untuk membantu bisnis sang
adik hingga kini ia menjabat sebagai CEO Vanilla hijab. Dialah yang bertugas
untuk mewujudkan ide dan konsep-konsep dari Atina hingga menjadi produk yang di
gemari masyarakat sekarang.
Sampai
saat ini tercatat vanilla hijab yang pada mulanya merupakan sebuah bisnis
rumahan dan hanya memanfaatkan instagram
sebagai media jualan, kini menjadi sebuah perusahaan yang mengantarkan ia menjadi
salah satu brand online hijab terbesar di indonesia. Sangking besarnya, vanilla
hijab hanya membuka penjualan 3 hari dalam setiap minggu. Ia juga menerapkan
batas pembelian agar setiap pembeli kebagian untuk membeli produk.
Di vanilla,
sever yang overload dihari penjualan adalah hal yang biasa. Kini vanilla hijab
terus melakukan inovasi dengan menambah produk fashion lain seperti baju, gamis
yang semua nya mendapatkan respon pasar yang baik. Dalam 1 bulan, vanilla hijab
dapat memperoleh omset 20 miliar. Sebuah angka yang sangat besar untuk
perusahaan yang menjual produk dengan hanya mengandalakan penjualan online saja.
Ada beberapa hal yang menjadikan vanilla hijab bisa sukses seperti sekarang
Jika
kalian memperhatikan instagram vanilla
hijab, kalian akan menemukan model-model cantik perparas ayu dan fashionable
yang menjadi model dari vanilla hijab. Bahkan kebanyakan model nya adalah artis
sekaliber natasya rizky sampai selebgram terkenal seperti seorang hamidah. Dan penggunaan
model cantik tersebut terbukti meningkatkan reputasi vanilla hijab sebagai
sebuah brand hijab yang terlihat exclusive dengan harga terjangkau. Sampai saat
ini vanilla hijab di ikuti hampir 1 juta pengguna di akun instagram nya
Selain
strategi produk dan pemasaran, rupanya atina dan intan adalah pribadi religius.
Bagi mereka bisnis yang dibangun saat ini tidak akan berkembang sedemikian
pesat seperti sekarang jika bukan atas ijin Allah. Mereka selalu bersyukur atas
apa yang mereka terima, bahkan mereka menerapkan peraturan wajib shalat 5 waktu
untuk semua karyawan vanilla hijab agar urusan bisnis mereka senan tiasa
mendapatkan ridha Allah.
Tentu
tidak ada bisnis sukses yang dibangun dengan mudah. Diperlukan usaha dan kerja
keras serta komitmen yang besar untuk bisa membuat bisnis yang tengah dirintis
menjadi sukses. Seperti halnya sosok-sosok diatas, mereka mengalami banyak
trial dan error dalam proses membangun bisnis mereka. Untuk sebagaian orang
kegagalan tersebut bisa saja menghentikan langkah mereka, Tapi bagi orang-orang
sukses seperti Atina dan Intan dengan vanilla hijab nya, justru mengajarkan kita untuk
tidak pernah menyerah dengan keadaan, gagal dan bisnis adalah hal yang biasa,
tapi menjadi seorang yang memiliki mental kuat merupakan buah manis dari proses
pembelajaran hidup yang sesungguhnya. Dengan mental kuat pantang menyerah,
sukses dalam bisnis pasti akan di capai lebih mudah
Modern Caftan are quite popular right now as they are of the modern times and this means that they follow a certain trend that makes them easier to move around in as well.
ReplyDeleteCaftan has been populer actually for a few years ago in my country and that is good cause every women muslim have many option for choosing theirs outfit
DeleteAlways keep in mind to wear your most loved simple abaya, as it will take your whole style to the next level while keeping the significance of your devout. amanis.com has more information on the abaya.
ReplyDeletekelinci99
ReplyDeleteTogel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino
Luar bisa, barokah dari hijab Grosir Jilbab Murah - Jilbab Segi Empat Terbaru - Jilbab Pashmina Terbaru - Jilbab Instan Terbaru - Jasa Pembuatan Website Penjualan Online - Jasa Pembuatan Online Shop - Jasa Pembuatan Website Murah - Jasa Pembuatan Website Toko Online
ReplyDelete