Friday 25 May 2018

Cara dan Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online Yang Menjanjikan Bagi Pemula


Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang tidak bisa di sepelekan begitu saja. faktanya bisnis ini telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi setiap orang tanpa memandang usia,pendidikan, dan status. Banyak di luar sana orang-orang yang sukses dengan mengandalkan bisnis online, sebut saja Yasha Singgih pemilik Man Republic, Rico Huang yang sukses dengan pasukan Alona dan Dropshipaja, bahkan kakak beradik Intan Atina, owner dari Vanilla hijab yang sukses mendapatkan omset miliaran rupiah lewat instagram.

 Mereka telah berhasil membuktikan bahwa bisnis online dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan dan membuka lapangan kerja baru bagi orang lain, terlebih jika melihat usia ke-empatnya yang di bawah 30 tahun menjadi pembuktian tersendiri bahwa bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja.

Namun diantara gegap gempitanya trend bisnis ini, masih banyak orang yang ragu untuk ikut dalam bisnis online. Dengan berbagai alasan dari mulai sibuk, tidak bisa membagi waktu, takut gagal, tidak mempunyai modal bahkan yang paling ngenes yakni tidak tau dari mana untuk memulai. Berbagai pertimbangan dan kegalauan tersebut sering kali menjadi batu sandungan yang menahan mereka untuk berbisnis online. Padahal sebenarnya jika telah di jalankan, bisnis online yang terlihat asing akan terasa mudah dan menyenangkan setelah di jalani. 

Umumnya para pemula memiliki banyak pertanyaan yang membuat mereka bingung sendiri terkait bisnis online, dari mana harus memulai, apa yang harus di jual, dimana tempat penjualan yang efektif dan banyak lain nya yang justru membuat mereka semakin larut dalam kebingungan tersebut dan membuat mereka mengurungkan niat nya untuk berbisnis online. 

Dalam artikel ini, saya akan mengajak kalian untuk mengetahui seluk beluk bisnis online dan mencoba menjawab pertanyaan yang mungkin selama ini belum kamu dapatkan 

Apa itu bisnis online? 


Sederhananya bisnis online adalah proses perdagangan yang dengan memanfaatkan media internet. Bisnis online menghubungkan penjual dan pembeli secara online sehingga proses jual beli akan terasa lebih fleksibel karena tidak terikat jarak, waktu dan tempat. 

Apa yang harus di siapkan untuk bisnis online? 

Yang paling penting adalah niat yang kuat, sebab pada dasarnya berbisnis memang terbilang susah-susah gampang. Ada berbagai hal yang harus di lakukan agar mendapatkan hasil yang optimal. Dan semua harus di jalani dengan penuh kesabaran. Jatuh bangun dalam bisnis adalah hal biasa, kebanyakan pembisnis pemula langsung menyerah setelah menghadapi 1 atau 2 masalah, tapi pembisnis yang sukses seperti Jack Ma saja misalnya, pemilik raksasa digital Alibaba harus menghadapi puluhan kegagalan dalam bisnis nya dimasa lalu. Namun ia bangkit dan terus belajar hingga akhirnya kini ia menjadi orang terkaya no 1 di Cina. Tanpa niat yang kuat maka impian untuk sukses melalui bisnis online hanya akan menjadi angan-angan semata 


Yang kedua adalah internet. Ini penting, seperti para pedagang yang membutuhkan warung untuk berjualan di pasar. Maka pedagang online, membutuhkan internet sebagai media untuk berdagang. Banyak pembisnis online yang sukses tanpa sepeserpun mengeluarkan modal, kecuali untuk internet. Selebihnya, segala macam penjualan, pemasaran, pengiriman di kendalikan melalui internet. Bagaimana dengan modal? Tentu saja penting, tapi itu tergantung pilihan kamu untuk berjualan dengan cara apa

Bagaimana cara berbisnis online? 

Dalam pengamatan penulis yang juga bisa dikatakan sebagai pembisnis online, maka ada beberapa “hirarki” seorang pembisnis online berdasarkan kemampuan mereka secara finansial. 

Menjadi produsen/suplier 

Artinya, mereka memproduksi produk mereka sendiri tanpa membeli dari orang lain. Para produsen umumnya mempunyai kemampuan finansial yang kuat sebab biasanya mereka memproduksi produk dalam jumlah yang besar. Selain menjadi produsen mereka juga melakukan pemasaran tersendiri, mereka punya tim profesional yang membantu memasarkan produk mereka pada segemen konsumen yang di inginkan. 

Menjadi seorang Reseller 

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk dari orang lain. Artinya mereka tidak mempunyai produk sendiri, mereka mencari dan membeli produk dari orang lain dan menentukan harga jual yang mereka tentu kan sendiri. Mungkin kita pernah dengar istilah agen seperti agen oriflame, agen jafra. Mereka pada dasarnya adalah seorang reseller juga, namun biasanya seorang agen menjual kembali sesuai dengan harga yang ditentukan produsen, sebagai gantinya produsen/perusahaan akan memberikan bonus serta insentif bagi para reseller dengan penjualan yang baik. Biasanya seorang reseller menystock barang dengan jumlah tertentu, sehingga jika sewaktu-waktu ada orderan, para reseller bisa langsung mengirimkan barang pada pembeli 

Menjadi seorang Dropshiper 

Dropshiper adalah istilah bagi orang yang menjual produk dengan sistem dropship. Sistem dropship secara sederhana adalah sistem jual beli melalui perantara dimana seorang dropshiper adalah perantara yang mempunyai tugas menghubungkan konsumen dengan produsen. Si dropshiper ini hanya mempunyai tugas untuk memasarkan produk, untuk pengepakan, pengiriman barang di atur oleh sang pradusen, saat barang sampai ke konsumen, nama pengirim akan tetap tercatat sebagai nama sang dropshier. Dalam hal ini konsumen sama sekali tidak berhubungan langsung dengan produsen melainkan kepada dropshiper. Keuntungan sang dropshiper diambil dari harga jual yang si dropshiper tentukan. Sistem drosphip sangat cocok bagi para pembisnis online yang tidak memiliki modal untuk berjualan online. Dengan sistem ini, kamu tidak usah pusing untuk memikirkan modal, dan mengirimkan barang. Semua dilakukan oleh produsen, yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi dan strategi marketing lain nya agar barang yang dijual bisa laku banyak. 

Lalu sistem mana yang harus diambil? 




Baik sebagai produsen/suplier, reseller, dan dropshiper ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misal jika kamu seorang pemula, berstatus pelajar dan mahasiswa yang memiliki uang jajan pas-pasan yang tidak punya modal sama sekali untuk berjualan online, maka menjadi seorang dropshipper adalah pilihan yang tepat. Sebab menjadi dropshiper tidak memerlukan modal besar, selain itu kamu tidak akan di repotkan dengan rangkaian proses pengiriman barang yang sebenarnya menyita waktu. Namun kelemahan nya, mencari produsen yang mau menerima sistem dropship tidak lah mudah. Seorang dropshiper harus aktif mencari suplier yang bisa diajak kerja sama, memiliki reputasi yang baik, produk yang berkualitas dan tentu bisa dijadikan patner yang kooperatif. Selain itu, karena kondisi barang yang tidak ada di tangan, terkadang hal itu menyulitkan dropshiper jika sewaktu-waktu pembeli bertanya tentang spesifikasi produk, yang paling membingungkan kalo pembeli ingin langsung melihat barang. 

 Berbeda dengan dropshiper, seorang reseller bisa dikatakan berada satu tingkat diatas nya. mereka memiliki modal untuk memulai bisnis, sehingga memungkinkan mereka untuk menstock barang. Dengan begitu, umumnya mereka lebih menguasai karakteristik produk, resposif dalam menjawab ketersediaan stock, dan pengiriman barang menjadi 100 % tanggung jawabnya, sehingga mereka akan lebih hati-hati dan meminimalisir terjadinya kesalahan baik dari produk dan pengiriman. Kelemahanya, menjadi reseller jauh lebih melelahkan jika dibanding dengan dropshiper. Karena tugas seorang reseller tidak hanya melakukan promosi saja tapi juga mengirim barang langsung ke konsumen 

Dan jika kamu memiliki modal yang cukup, perencanaan bisnis yang matang maka tidak ada salah nya menjadi seorang suplier. Artinya kamu memproduksi barang sendiri dan menjualnya. Memang menjadi seorang suplier tidaklah mudah, tapi keuntungan yang didapat jauh lebih menjanjikan jika dibanding menjadi seorang dropshiper dan reseller. 

Namun faktanya, banyak pembisnis online diluar sana yang merintis usaha online mereka dari bawah. Sebut saja atin owner vanilla hijab, sebelum sebesar sekarang atina memulai binis online secara reseller, kemudian secara bertahap ia mulai mandiri dan memproduksi hijab sendiri hingga berkembang menjadi besar dan kini vanilla hijab menjadi salah satu brand online hijab terbesar di indonesia. Jadi tidak mengapa jika kamu memulai menjadi seorang dropshiper atau reseller, jika kamu konsisten menjalankan bisnis onlie tersebut bukan hal mustahil jika kelak kamu bisa membangun usaha sendiri, semua bisa di dapat melalui proses 

Lalu bagaimana mendapatkan suplier yang tepat? 

Nah pertanyaan ini paling sering di tanyakan para pemula sebelum memutuskan untuk berbisnis online termasuk bagi saya dulu. Rasa takut dan terlalu berhati-hati memunculkan banyak pertimbangan yang akhirnya mengurungkan niat untuk berjualan. Namun sebenarnya, bukan hal yang sulit untuk mencari suplier, karena sekarang banyak sekali toko online besar yang membuka sistem reseller, yang susah justru meyakinkan kamu untuk bisa percaya dengan sang suplier. Artinya hubungan antara suplier dan reseller membutuhkan rasa saling percaya yang besar. untuk mencari suplier yang tepat kamu bisa memanfaatkan internet sebagai alat reset. 

Instagram merupakan media paling efektif untuk mencari suplier sesuai dengan keinginan, kamu hanya harus mengetikan keyword sesuai agar mendapatkan alamat akun sang suplier, kamu bisa cari dengan kata kunci “suplier, suplier indonesia, suplier tas, dll” setelah dapat, kamu lihat reputasi suplier dari komen postingan, testimoni orang lain, dan kepo di fitur tag akun sang suplier. Biasanya fitur tag ini menjadi bahan referensi bagaimana pendapat orang lain yang menggunakan produk dari sang suplier. semakin positif pendapat orang maka reputasi suplier semakin baik. 

Berbeda dengan reseller yang umumnya jauh lebih mudah karena pada dasarnya reseller adalah pembeli juga bagi suplier. berbeda dengan dropshiper yang statusnya tidak langsung menjadi pembeli produk. Oleh karena itu, dropshiper harus teliti mencari suplier yang bersedia membuka sistem dropship. kamu bisa mencari lewat instagram suplier yang sekiranya potensial. Kemudian tanya langsung melalu direct massage apakah suplier bersedia menerima sistem dropship atau tidak. Selain instagram, marketplace merupakan media efektif mencari suplier bagi reseller ataupun dropshiper. 


Banyak pedagang besar yang menjual produk mereka di marketplace, bahkan terdapat fitur di beberapa marketplace yang menyediakan pencarian suplier dropship, sebut saja di tokopedia. Tokopedia menyediakan opsi untuk berjualan dengan sistem dropship, yang dimana suplier memang menerima sistem penjulan secara dropship artinya kamu tidak usah repot-repot meminta ijin dan semacamnya, yang harus kamu lakukan hanya promosi, jika ada orderan pesan langsung pada sang suplier. 

Jika instagram dan marketplace belum bisa membuat kamu yakin, maka kamu bisa menjadi dropshiper di beberapa komunitas dropshiper di indonesia. Mereka umumnya mempunyai sistem yang jelas tentang mekanisme penjualan karena mereka khusus menjadi suplier bagi para dropshiper. Kamu bisa kunjungi Bandros, Dusdusan.com, kudo, dropshiperaja, lakukan reset dan review orang lain di google, blog atau kaskus, jika kamu merasa sesuai kamu bisa menjadi member dan biasanya dikenakan biaya dengan jumlah tertentu, meski ada uang pendaftaran tapi itu sebanding dengan fasilitas yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi member di salah satu komunitas tersebut

Dimana tempat untuk berjualan bisnis online yang lebih menguntungkan? 

Jika kamu punya uang lebih, kamu bisa berjualan di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shopee, dll. Karena fungsinya yang memang untuk berjualan, marketplace menjadi tempat paling potensial untuk berbisnis online. Akan tetapi marketplace tidak cocok untuk kamu yang tidak punya modal terlebih jika kamu seorang dropshiper. Di markatplace memberikan jaminan kepercayaan dan kepuasan bagi pelanggan adalah nomer 1. untuk menghindari penipuan dalam pengiriman barang, maka semua marketplace menerapkan sistem rekening bersama. Rekening bersama merupakan fitur penyimpanan uang selama beberapa waktu dari konsumen ke penjual. Uang akan masuk ke rekening bersama ketika pembeli membayar orderan barang, dan uang hanya bisa dicairkan apabila barang pesanan pembeli telah sampai ketanggan pembeli. Oleh karena itu, penjual mau tidak mau harus menalangi pembayaran barang terlebih dahulu, karena uang pembayaran dari pembeli hanya bisa di ambil setelah barang sampai ke tanggan pembeli.

Mediasosial bisa dikatakan tempat jualan yang memungkinkan kamu berjualan tanpa modal sepeserpun, ini lebih cocok untuk pemula terlebih dropshiper. kamu hanya perlu promosi di akun instagram, atau facebook secara rutin. Bahkan jika ingin lebih serius lagi, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook dan Instagram Ads untuk menjangkau calon pembeli yang lebih besar

Website Jualan, bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan branding jualan kamu. pembisnis online yang mempunyai Website jualan tersendiri akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. meski begitu ada harga yang harus kamu bayar untuk membuatnya.

Produk apa yang laku di jual dalam bisnis online?

semua produk mempunyai potensi yang sama untuk menghasilkan keuntungan. namun jika kamu ingin pasar yang besar dengan jumlah keuntungan yang tinggi, kamu lebih baik menjual semua produk yang di butuhkan wanita. Wanita memang secara psikologi lebih gemar berbelanja dan cenderung spontan saat berbelanja, hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan baik. Tas, sepatu, parfume, jam, tentu saja pakaian wanita seperti gamis, tshirt, hijab, rok, dll.

selain fashion wanita, bisnis produk kecantikan juga memiliki pasar yang besar, seperti skin care, body lation, bedak, lisptik dan peralatan kecantikan lainya. selain itu kamu bisa menjual produk aksesoris hape dan gadget lainya

beberapa penjelasan diatas diharapkan bisa membantu kamu yang tengah bingung untuk memulai bisnis online, semoga membantu

4 comments:

  1. situs judi togel terbaik dan terlengkap !
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website bolavita1.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  2. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete
  3. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete
  4. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel , Poker Terpopuler di Indonesia. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!

    Sabung Ayam
    Sbobet
    Casino Online
    Tembak Ikan
    IDN LIVE

    Daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288

    ReplyDelete