Friday 6 December 2013

Perintah Microsoft word dan Excell





 

   Microsoft Word

     Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.

Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.

Pada menu ini terdapat kelompok toolbar

•Clipboard
•Font
•Paragraph
•Styles
• Editing

Cara memulai aplikasi Microsoft Word

Langkah-langkah :

1.                  Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.

2.                  Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Office Word 2007.

3.                  Muncul Gambar berikut

Unsur-unsur utama Layar Ms Word.

·                     Judul Window

Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya

Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button  untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.

·                     Office Button 

Digunakan untuk
- Membuat file
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word



     Disebelah kanan office button terdapat button  yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

·                     Customize Quick Access Toolbar 

     Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task bar  sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.

·                     Menu

     Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut

     Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

·                     Toolbar

     Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut

2.      Microsoft office Excel

     Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

a.       Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007

Langkah-langkah:

1.    Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.

2.    Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.

3.    Muncul program Microsoft Excel 

b.      Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus 

mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel 

1)      Judul

     Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja

yang aktif.

2)      Office Button

     Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 

dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 

dokumen.



3)       Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

     Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 

berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.

4)       Toolbar

     Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.

5)       Help

     Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.

6)       Lembar Kerja (Workbook)

Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.

7)      Cell

8)      Nomor Baris

9)      Nomor Kolom

10)  Nama Range

11)  Fungsi

12)  Penggulung vertical dan horisontal

     Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal

c.       Memulai Buat Dokumen

      Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill.

d.      Penggunaan Cell

     # Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell  agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.

     # Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic .

e.        Penggunaan AutoFill

     Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai

     Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat.

f.       Penggunaan format Tabel dan Cell

     Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti member border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini kemudian akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.








Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah “Microsoft Office dan Open Office”, software ini merupakan sebuah perangkat lunak perkantoran yang dipakai untuk menulis, menginput, menyimpan, megirim, menghitung , pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan formula editing. 



Software yang selama ini telah dikenal merupakan  Microsoft Office dan open office, atau bahkan mungkin pekerjaan yang mengharuskan tiap hari berkutat dengan Microsoft Office Word, Excel dan Powerpoint. tetapi Aplikasi Perkantoran Microsoft Office itu tidak gratis pada dasarnya dan Software tersebut tidak murah harganya. Sedangkan yang pada pembahasan mengenai OpenOffice itu sendiri.  OpenOffice adalah software atau aplikasi yang didapat dengan tidak membayar atau gratis. Apakah anda sudah mengenalnya? Atau anda sudah menggunakannya? Atau bahkan anda belum pernah mengetahuinya?



Ditempat saya berkerja semua komputer sudah menggunakan OpenOffice, kecuali bagian accounting, karena masih ada keraguan dari pengguna untuk rumus atau fungsi fungsi tertentu.



Secara implisit yang bisa diringkas dalam perbedaan keduanya adalah :



Perbedaan ms. Office dengan open office



1.      Open office diperoleh secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.



2.      Menu dan interface pada ms. Office berbeda peletakannya dengan open office.



3.      Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.



4.      Open office dapat membuka ms. Office, sedangkan ms. Office tidak.



5.      Open office dapat menhasilkan file pdf, sedangkan ms. Office harus menggunakan plugin.



6.      Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.







Microsoft Office



Microsoft office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis windows dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan tidak dapat diperoleh secara gratis. Dilihat dari masing – masing pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari ms. Office dengan open office sama yaitu berfungsi sebagai software yang dapat mengolah kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing.



Produk Microsoft Corporation ini sudah sekali kita yang selalu berhadapan dengan pekerjaan kantor atau tugas sekolah atau kuliah. Bahkan kita sudah menganggap bahwa jika kita ingin mengetik atau membuat laporan keuangan misalnya, pastilah harus menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel).



Microsoft office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fasilitas, sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint sebagai aplikasi presentasi dan Microsoft Mail yang digunakan untuk menerima dan mengirim email.



Setelah popular dengan Microsoft Office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft Corp. Kembali meluncurkan Microsoft Office 95 seiring dengan diluncurkannya sistem operasi Microsoft Windows 3. 11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office terus berkembang menjadi salah satu aplikasi perkantoran favorit dikalangan pengguna komputer di dunia, termasuk di Indonesia. Dan bahkan mengalahkan aplikasi pesaingnya yaitu Lotus. Sebagai catatan sebelumnya yang terkenal adalah Lotus. Tahun demi tahun Microsoft Corp. terus meluncurkan versi – versi baru Microsoft Office yang masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi Microsoft Office yang banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, Microsoft Corp. melahirkan generasi terbaru sistem operasinya, yaitu Microsoft Windows Vista, disaat yang bersamaan Microsoft Corp. kembali meluncurkan aplikasi perkantoran terbarunya yaitu Microsoft Office 2007 yang saat ini sudah beredar dimasyarakat komputer dunia.



Beberapa program yang terdapat dalam Microsoft Office adalah :



·         Microsoft Word



Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasanya digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen – dokumen lain yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.



·         Microsoft Excel



Microsoft Excel , yang disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempersentasikan data dan pekerjaan dalam bentuk kolom-kolom. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode – metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data – data perusahaan, hasil – hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.



·         Microsoft PowerPoint



Microsoft PowerPoint merupakan keluarga dari Microsoft Office. Bila kita menginstall Microsoft Office secara lengkap, PowerPoint akan secara otomatis terinstall. PowerPoint adalah aplikasi yang sangat powerfull untuk membuat suatu presentasi mulai dari awal, atau menggunakan wizard yang telah disediakan.







Open Office.



Open office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis linux dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan yang dapat diperoleh secara gratis.



secara pengertian OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open Source, yang berarti kita bebas menggunakannya dengan tidak membayar sedikitpun alias Gratis. Dan dapat didownload disini



Paket tersebut termasuk komponen – komponen pengolah kata (word Processor), lembar kerja (Spreadsheet), presentasi, ilutrasi vector, dan gudang data (Database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office yang dapat dijalankan dalam berbagai Platform, termasuk Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pergantian data, dan dapat digunakan tanpa biaya.OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari Star Office, sebuah Office Suite yang dikembangkan oleh Star Division dan diakusisi oleh Sun Microsistems pada Agustus 1999. Code asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan SISSI; dari versi 2.0, dia hanya tersedia dibawah LGPL.



Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.



Microsoft office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows.






Open Office memiliki kesamaan dengan Microsoft Office. Kesamaan disini maksudnya adalah Open Office memiliki anak2 program yang fungsinya sama dengan anak2 program Microsoft Office. Mau tahu apa saja anak2 program Open Office yang memiliki kesamaan fungsi dengan Microsoft Office. Antara lain :



1.      Microsoft Office punya Microsoft Word, Open Office punya Open Office Writer.



Di Open Office Writer, Anda bisa menyelesaikan tugas pengetikan, tidak kalah menariknya dengan Microsoft Word, karena Open Office Writer juga menghadirkan fitur import gambar, tabel, header, footer, number page, chart dan fitur lainnya yang sama dengan Microsoft Word. Dengan tampilan yang cool dan fitur-fitur yang mudah untuk digunakan, dijamin Anda akan betah melakukan pengetikan.



2.      Microsoft Office punya Microsoft Power Point, Open Office punya Open Office Impress



Tertarik atau sering berkerja dalam dunia persentasi? Open Office Impress harus Anda coba. Impress mempunyai fitur yang menyerupai fitur Power Point tetapi dengan interface yang lebih mudah digunakan. Dengan program ini, Anda akan lebih terbantu dalam pembuatan animasi yang akan digunakan ketika Anda berpresentasi.



3.      Microsoft Office punya Microsoft Access, Open Office punya Open Office Base



Perkerjaan mengelola basis data biasanya kita serahkan pada Access, sekarang ada terobosan baru, bernama Open Office Base. Dengan OOB kita bisa membuat basis data dengan mudah dan tampilannya yang user friendly, Fiturnya juga sama dengan Access, terdapat Tables, Report, Query dan Form dengan fungsinya yang bisa Anda tebak jika Anda terbiasa menggunakan Access. Selain itu jangan khawatir mengenai perintah atau skripnya karena sama ketika Anda menggunakan Access.



4.      Microsoft Office punya Microsoft Excel, Open Office punya Open Office Calc



Keuangan suatu perusahaan atau bisnis perlu dibuat laporannya, tidak hanya keuangan, tetapi juga nilai raport siswa, absen karyawan, statistik kinerja tim, semuanya memerlukan laporan. Dan program yang kita kenal mudah untuk membuat laporan adalah Excel. Sekarang di Open Office, Anda akan menemukan program bernama Open Office Calc, program pembuat laporan. Dengan Calc Anda tidak terlalu dipusingkan cara pakainya jika Anda terbiasa menggunakan Excel, selain itu juga terdapat kesamaan perintah atau skrip dalam penggunaannya.


No comments:

Post a Comment