Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program
pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi
yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari
pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.
Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.
Pada menu ini terdapat kelompok toolbar
•Clipboard
•Font
•Paragraph
•Styles
• Editing
•Font
•Paragraph
•Styles
• Editing
Cara memulai aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah :
1.
Pilih tombol Start di
pojok kiri bawah tampilan windows.
2.
Setelah muncul
tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft
Office Word 2007.
3.
Muncul Gambar berikut
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
·
Judul Window
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file
sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button untuk melakukan
minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
·
Office Button
Digunakan untuk
- Membuat file
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
- Membuat file
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button
terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize
Quick Access Toolbar
·
Customize Quick Access
Toolbar
Digunakan untuk menampilkan
button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita
klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task
bar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk
mempercepat pengerjaan.
·
Menu
Menu pada Ms Word 2007
ditunjukkan pada gambar berikut
Setiap menu yang aktif (yang kita
Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
·
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo
kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
2. Microsoft office Excel
Microsoft Excel merupakan
perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan
dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen
data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft
Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih
mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks
adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan
banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot
tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah
laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan
pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih
mudah.
a. Cara memulai aplikasi Microsoft Excel
2007
Langkah-langkah:
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan
windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program,
kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3. Muncul program Microsoft Excel
b. Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel
2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu
kita harus
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
1) Judul
Judul menampilkan judul program
dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish
dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access
Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca
suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal
c. Memulai Buat Dokumen
Pada sub bab ini, kita akan
membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh
pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di
excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell,
dan memanfaatkan fasilitas Autofill.
d. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul
Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian
select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell agar
judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
# Agar huruf pada judul
laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol
Bold atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau
italic .
e. Penggunaan AutoFill
Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT
dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang
berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut
fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung
kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika
menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi
tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk
membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas
cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol
mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai
Pada Kolom NO dan KODE, Autofill
digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom
Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara
cepat.
f. Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan
fasilitas format table dengan beberapa template seperti member border,
warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table
seperti ini kemudian akan muncul pilihan style format tabel seperti
berikut ini.
Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan
istilah “Microsoft Office dan Open Office”, software ini merupakan sebuah
perangkat lunak perkantoran yang dipakai untuk menulis, menginput, menyimpan,
megirim, menghitung , pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja
(spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi
(presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan formula
editing.
Software
yang selama ini telah dikenal merupakan
Microsoft Office dan open office, atau bahkan mungkin pekerjaan yang
mengharuskan tiap hari berkutat dengan Microsoft Office Word, Excel dan
Powerpoint. tetapi Aplikasi Perkantoran Microsoft Office itu tidak gratis pada
dasarnya dan Software tersebut tidak murah harganya. Sedangkan yang pada
pembahasan mengenai OpenOffice itu sendiri.
OpenOffice adalah software atau aplikasi yang didapat dengan tidak membayar
atau gratis. Apakah anda sudah mengenalnya? Atau anda sudah menggunakannya?
Atau bahkan anda belum pernah mengetahuinya?
Ditempat
saya berkerja semua komputer sudah menggunakan OpenOffice, kecuali bagian accounting,
karena masih ada keraguan dari pengguna untuk rumus atau fungsi fungsi
tertentu.
Secara implisit yang
bisa diringkas dalam perbedaan keduanya adalah :
Perbedaan ms. Office dengan open office
1. Open office diperoleh
secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.
2. Menu dan interface
pada ms. Office berbeda peletakannya dengan open office.
3. Penggunaan Mail merge
pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge
ms.office.
4. Open office dapat membuka
ms. Office, sedangkan ms. Office tidak.
5. Open office dapat
menhasilkan file pdf, sedangkan ms. Office harus menggunakan plugin.
6. Open office memerlukan
spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.
Microsoft
Office
Microsoft office
merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis windows
dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan
lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi
(presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan
tidak dapat diperoleh secara gratis. Dilihat dari masing – masing pengertian
diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari ms. Office dengan open office sama
yaitu berfungsi sebagai software yang dapat mengolah kata (wordprocessing),
pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan
presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula
editing.
Produk Microsoft
Corporation ini sudah sekali kita yang selalu berhadapan dengan pekerjaan
kantor atau tugas sekolah atau kuliah. Bahkan kita sudah menganggap bahwa jika
kita ingin mengetik atau membuat laporan keuangan misalnya, pastilah harus
menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel).
Microsoft
office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang
dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi
Windows. Perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, sudah mengalami banyak perubahan
dan penambahan fasilitas, sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus
1992. waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi
3.0. pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai
pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint
sebagai aplikasi presentasi dan Microsoft Mail yang digunakan untuk menerima
dan mengirim email.
Setelah
popular dengan Microsoft Office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft Corp. Kembali
meluncurkan Microsoft Office 95 seiring dengan diluncurkannya sistem operasi
Microsoft Windows 3. 11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam
sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi
Microsoft Windows, Microsoft Office terus berkembang menjadi salah satu
aplikasi perkantoran favorit dikalangan pengguna komputer di dunia, termasuk di
Indonesia. Dan bahkan mengalahkan aplikasi pesaingnya yaitu Lotus. Sebagai
catatan sebelumnya yang terkenal adalah Lotus. Tahun demi tahun Microsoft Corp.
terus meluncurkan versi – versi baru Microsoft Office yang masih tetap
digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi Microsoft
Office yang banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000,
Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. seiring dengan pesatnya
kemajuan teknologi, Microsoft Corp. melahirkan generasi terbaru sistem
operasinya, yaitu Microsoft Windows Vista, disaat yang bersamaan Microsoft
Corp. kembali meluncurkan aplikasi perkantoran terbarunya yaitu Microsoft
Office 2007 yang saat ini sudah beredar dimasyarakat komputer dunia.
Beberapa program yang
terdapat dalam Microsoft Office adalah :
·
Microsoft Word
Microsoft
Word merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasanya
digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat, membuat label
surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen – dokumen lain
yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
·
Microsoft Excel
Microsoft
Excel , yang disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan
untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempersentasikan
data dan pekerjaan dalam bentuk kolom-kolom. Disini kita akan banyak
bersinggungan dengan metode – metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat
dibutuhkan sekali dalam penyusunan data – data perusahaan, hasil – hasil
penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.
·
Microsoft PowerPoint
Microsoft
PowerPoint merupakan keluarga dari Microsoft Office. Bila kita menginstall
Microsoft Office secara lengkap, PowerPoint akan secara otomatis terinstall.
PowerPoint adalah aplikasi yang sangat powerfull untuk membuat suatu presentasi
mulai dari awal, atau menggunakan wizard yang telah disediakan.
Open
Office.
Open office merupakan
sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis linux dan yang
didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar
kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi
(presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan
yang dapat diperoleh secara gratis.
secara pengertian
OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open
Source, yang berarti kita bebas menggunakannya dengan tidak membayar sedikitpun
alias Gratis. Dan dapat didownload disini
Paket
tersebut termasuk komponen – komponen pengolah kata (word Processor), lembar
kerja (Spreadsheet), presentasi, ilutrasi vector, dan gudang data (Database).
OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office yang dapat
dijalankan dalam berbagai Platform, termasuk Windows, Solaris, Linux, dan Mac
OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pergantian data,
dan dapat digunakan tanpa biaya.OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari
Star Office, sebuah Office Suite yang dikembangkan oleh Star Division dan
diakusisi oleh Sun Microsistems pada Agustus 1999. Code asal dari suite ini
dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak
dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya
rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini
tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan SISSI;
dari versi 2.0, dia hanya tersedia dibawah LGPL.
Proyek
dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek
melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh
kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai
nama resminya, dan juga disingkat OOo.
Microsoft
office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang
dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi
Windows.
Open
Office memiliki kesamaan dengan Microsoft Office. Kesamaan disini maksudnya
adalah Open Office memiliki anak2 program yang fungsinya sama dengan anak2 program
Microsoft Office. Mau tahu apa saja anak2 program Open Office yang memiliki
kesamaan fungsi dengan Microsoft Office. Antara lain :
1. Microsoft
Office punya Microsoft Word, Open Office punya Open Office Writer.
Di
Open Office Writer, Anda bisa menyelesaikan tugas pengetikan, tidak kalah
menariknya dengan Microsoft Word, karena Open Office Writer juga menghadirkan
fitur import gambar, tabel, header, footer, number page, chart dan fitur
lainnya yang sama dengan Microsoft Word. Dengan tampilan yang cool dan
fitur-fitur yang mudah untuk digunakan, dijamin Anda akan betah melakukan
pengetikan.
2. Microsoft
Office punya Microsoft Power Point, Open Office punya Open Office Impress
Tertarik
atau sering berkerja dalam dunia persentasi? Open Office Impress harus Anda
coba. Impress mempunyai fitur yang menyerupai fitur Power Point tetapi dengan
interface yang lebih mudah digunakan. Dengan program ini, Anda akan lebih
terbantu dalam pembuatan animasi yang akan digunakan ketika Anda berpresentasi.
3. Microsoft
Office punya Microsoft Access, Open Office punya Open Office Base
Perkerjaan
mengelola basis data biasanya kita serahkan pada Access, sekarang ada terobosan
baru, bernama Open Office Base. Dengan OOB kita bisa membuat basis data dengan
mudah dan tampilannya yang user friendly, Fiturnya juga sama dengan Access,
terdapat Tables, Report, Query dan Form dengan fungsinya yang bisa Anda tebak
jika Anda terbiasa menggunakan Access. Selain itu jangan khawatir mengenai
perintah atau skripnya karena sama ketika Anda menggunakan Access.
4. Microsoft
Office punya Microsoft Excel, Open Office punya Open Office Calc
Keuangan
suatu perusahaan atau bisnis perlu dibuat laporannya, tidak hanya keuangan,
tetapi juga nilai raport siswa, absen karyawan, statistik kinerja tim, semuanya
memerlukan laporan. Dan program yang kita kenal mudah untuk membuat laporan
adalah Excel. Sekarang di Open Office, Anda akan menemukan program bernama Open
Office Calc, program pembuat laporan. Dengan Calc Anda tidak terlalu
dipusingkan cara pakainya jika Anda terbiasa menggunakan Excel, selain itu juga
terdapat kesamaan perintah atau skrip dalam penggunaannya.
No comments:
Post a Comment