Friday 28 December 2018

Empati Palsu! Selfi Narsis Di Depan Puing Tsunami Demi Like dan Pujian Dunia Maya

Sumber: The Guardian
Solihat dan ketiga temanya telah menyiapkan segala sesuatu untuk foto selfi sempurna mereka, beberapa foto tersebut mereka ambil langsung ditempat dimana tsunami menerjang kawasan pesisir pantai pandeglang, banten. Namum nampaknya mereka tidak terlalu terganggu, ke 4 wanita tersebut berpose manis sambil tersenyum di depan kamera, bahkan salah satunya berpose dengan memasang tanda “V” yang identik dengan lambang perdamaian. Kontra dengan fose manis mereka, dibelakangnya merupakan sebuah lapangan luas yang terendam banjir dengan banyak barang dan peralatan pertanian sampai mobil yang hancur berserakan. Tempat itu menjadi salah satu saksi bisu dari kedahsyatan hantaman Tsunami yang terjadi akibat eruspi Anak krakatau. sampai saat ini lebih dari 500 orang telah kehilangan nyawanya akibat bencana tersebut.

Lapangan yang awalnya berupa sebuah ladang itu menjadi salah satu tempat yang banyak di kunjungi sejumlah orang yang datang hanya untuk berfoto selfi,  beberapa diantaranya bahkan berasal dari tempat yang jauh dan harus menempuh berjam-jam untuk sampai kesana dan mengambil banyak foto untuk kemudian di sebar ke media sosial milik mereka.

Solihat sendiri (40) mengatakan jika ia harus menempuh perjalanan sejauh 2 jam ke lokasi kejadian dari rumahnya yang berada di Cilegon. Dia dan teman-temanya merupakan kelompok pengajian yang bermaksud untuk menyumbangkan pakaian untuk orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat tsunami dikawasan sekitar, mereka mengatakan jika foto tersebut adalah bukti kalau mereka benar-benar datang dan menyalurkan bantuan tersebut pada para korban.

Ia juga mengungkapkan jika foto tersebut tidak mempunyai maksud lain selain mengajak orang untuk lebih bersyukur dengan keadaan mereka sekarang. Sebab foto dengan latar belakangan alam yang porak poranda itu justru bisa mengingatkan orang lain untuk lebih bersyukur dan berempati pada para korban bencana Tsunami.

Ketika jurnalis the Guardian Jamie fullerton bertanya apakah pantas mengambil selfi di depan tempat yang porak poranda dan bisa saja menyembunyikan mayat yang belum di temukan, Solihat justru merespon jika semua tergantung dari niatan orang tersebut. Jika semata-mata untuk pamer, maka lebih baik tidak usah dilakukan, namun jika selfi di tujukan untuk berbagai kesedihan pada orang lain, maka itu tidak apa-apa.

Namun sulit untuk menyimpulkan jika fose selfi yang mereka ambil merupakan ungkapan dari kesedihan dan empati, bahkan ada seorang wanita dengan pakaian bagus rela menghabiskan setengah jam mengarungi lapangan yang terendam air demi mendekat pada sebuah SUV ringsek di tengah lapangan, setelah sampai ia bergaya dan mengambil selfi demi memperoleh foto yang lebih bagus.

Sumber: The Guardian
Sang pemilik mobil, Baharudin, 40, merupakan kepala serikat petani setempat menunjukan kekecewaan terhadap tindakan para wisatawan tersebut. Ia sibuk mencari barang yang bisa di selamatkan hanya bermodal sepatu kuning wellington yang ia kenakan. Ia berulang kali mengucapkan kekecewaan terhadap sikap narsis orang-orang tersebut pada reporter The guardian

sumber: The Guardian
Valentina Anastasia, 18, yang sedang berlibur di Jakarta rela pergi ke Banten dengan menempuh waktu 3 jam untuk sampai di tempat kejadian. 
“saya ingin melihat kehancuran karena tsunami dan orang-orang yang terkena dampaknya”
Ketika ditanya berapa banyak foto selfi yang ia ambil di tempat tersebut, dia tertawa terbahak-bahak “Banyak banget, foto-foto ini nanti di upload di medsos, grup whatsapp." Ucapnya sambil menggulirkan foto selfi yang terekam di handphone miliknya. Dalam fotonya tersebut memperlihatkan gambar-gambar yang memprihatinkan, banyak rumah yang hancur, kendaraan yang rusak, barang-barang yang berceceran tak tentu, sampai kantung jenazah yang berderet rapih di atas tanah.

sumber:The guardian

1 comment:

  1. Paling Gedeg kalo ada teman yang sibuk main hp foto2 sambil live dan pasang Ig story, gayanya Kya happy dipending time sama gue padahal isinya cuman main hp doang

    ReplyDelete