Share Inspire

Videos

Tuesday, 1 May 2018

Belajar Bahasa Inggris Otodidak Melalui Video! Begini Tips Nya di Jamin Ampuh


Bahasa inggris merupakan bahasa yang memiliki peranan yang sangat penting di era ini. selain sebagai alat komunikasi, bahasa inggris kerap menjadi salah satu syarat untuk bisa bekerja di perusahaan bonafid atau sebagai persyaratan penting untuk melanjutkan sekolah di universitas  dalam mau pun luar negeri. Karena kebutuhan yang sangat besar itu, maka tak jarang banyak orang harus belajar ekstra agar bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampun tersebut yakni dengan mengikuti kursus intensif di lembaga kursus. Setiap lembaga kurus memiliki sistem dan metode belajar yang bervariasi hal tersebut menjadikan masyarkat memiliki banyak pilihan untuk memilih tempat kursus yang paling sesuai. Namun, untuk mendapatkan ilmu melalui tempat kursus tentu membutuhkan modal yang kuat terutama secara financial. Untuk lembaga kursus seperti English First misalnya, seorang siswa harus mengeluarkan 11 juta untuk sekali Term. Karena biaya yang harus di keluarkan cukup besar, maka tak jarang hal tersebut menjadi batu sandungan yang membuat banyak orang urung untuk mengambil kursus bahasa inggris.

Akan tetapi, tempat kursus sejatinya bukanlah satu-satunya pilihan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Selain mengikuti kursus, bahasa inggris sejatinya bisa di pelajari sendiri. Tak sedikit orang di luar sana yang lancar bahasa inggrisnya hanya dengan belajar seorang diri, contoh nya penyanyi terkenal asal korea Rap Monster. Ia pernah mengungkapkan bahwa selama ini ia hanya belajar bahasa inggris secara otodidak dengan menonton drama series amerika Friends. Ia mengaku kemampuan berbahasanya meningkat drastis sejak menonton drama tersebut.


Menonton video berbahasa inggris nyata nya menjadi rekomendasi banyak orang untuk meningkatkan skill berbahasa. Pembelajaran melalui video di nilai lebih efektif karena media 3 dimensi tersebut secara tidak langsung mengajarkan dasar-dasar dari bahasa inggris itu sendiri seperti speaking, pronounciation, grammer, dan listening.

Banyak media yang bisa di jadikan alat pembelajaran secara otodidak, misal saja dengan menonton film

Aktivitas menonton film menjadi kesukaan banyak orang, dengan belajar melalui hal yang kita sukai di nilai akan membuat otak lebih mudah memahami dan mencerna makna. Kamu bisa mentukan sendiri film apa yang kamu sukai lalu kemudian menontonya. Dalam proses menonton tersebut ada beberapa hal yang harus di perhatikan yakni niat. Kenapa banyak orang yang menyukai film barat/western tapi kemampuan bahasa inggris mereka biasa saja atau bahkan jelek, itu karena aktifitas menonnton film hanya di tujukan untuk hiburan semata. Saat tujuan menonton hanya untuk hiburan, maka otak akan memerintahkan tubuh berada pada mode santai sehingga seberapapun banyak nya kosa kata asing yang keluar, mereka tidak akan mengingatnya. Terutama jika menonton film menggunakan subtitle indonesia. Hampir 90% penonton justru lebih fokus pada teks nya saja. Sebaliknya, jika aktifitas menonton di tujukan untuk belajar, maka konsentrasi mereka akan lebih terfokus untuk mempelajari kata demi kata yang keluar dan terdengar, mereka akan berusaha untuk lebih memahami pola kalimatnya dari dialog, bagaimana cara pengucapan nya, dan lain-lain sehingga kemungkinan mereka untuk memahami dan mengingat akan jauh lebih besar.

Selain melalui film, menonton drama series westrn di nilai jauh lebih efektif, Mengapa?


Drama series akan memperlihatkan kehidupan yang lebih rill ketimbang film, maka tentu saja dialog yang keluar pasti berkaitan tentang kehidupan sehari-hari sehingga kosa kata nya pun akan lebih sederhana dan mudah di ingat. Beberapa drama western yang banyak di rekomendasikan untuk belajar bahasa inggris di antara nya Friends, Theory Big Bang, Hannah Montana, Sex in the City, dll.

Dan diantara media audio visual lainnya , youtube boleh menjadi pilihan terbaik untuk belajar bahasa inggris

Belajar bahasa inggirs melalui youtube memberikan kesan yang berbeda ketimbang menonton drama series atau pun film. Jejaring ini dinilai lebih santai, menyenangkan dan interaktif. Youtube memiliki banyak video yang bisa kamu tonton sesuai keinginan. karena di youtube ribuan video di upload setiap harinya dari masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali para bule semacam amerika yang memang jauh lebih dahulu akrab dengan dunia vlooging sebelum booming seperti sekarang. youtube memiliki varian gendre video yang tidak terbatas dari mulai tips dan trik, teknologi, pendidikan, tutorial sampe video prank tidak jelas pun ada di sini. Selain itu kebanyakan dari para content creator di youtube di dominasi anak muda. Gaya komunikasi yang mereka gunakan tentu mengikuti trend yang tengah berkembang saat itu, seperti penggunaan kata gaul atau yang di kenal dengan istilah Slang yang kini banyak di gunakan oleh vlooger di seluruh dunia. Melalui youtube kamu bisa belajar bahasa inggris dengan rasa yang lebih baru dan segar, dan dijamin lama kelamaan skill bahasa inggris mu akan terdengah fasih seperti layaknya native speaker. Beberapa channel youtube yang penulis rekomendasikan untuk belajar bahasa inggris di antaranya Shane, Buzzfeed videos, TED, dll

Sedikit yang tahu bahwa saat ini facebook memiliki fitur yang hampir menyamai youtube dalam penayangan konten berbau video

Pembaharuan kualitas facebook nyatanya memang usaha nyata mark zuckerberg agar media sosial terbesar itu tidak di tinggalkan oleh penggunanya. Beragam fitur di tambahkan agar pengguna tetap mau menggunakan facebook baik sebagai alat komunikasi, bisnis, dan belajar. Facebook saat ini hampir memiliki kesamaan dengan youtube dalam penayangan video. Misalnya dengan penambahan fitur HD, subtitles, dan IKLAN! Itu semua hampir mengadopsi fitur yang ada di youtube. Karena keunggulan yang di tawarkan itu, kini banyak pula content creator yang mengupload video mereka di facebook, salah satunya video bahasa inggris yang banyak bertebaran di beranda. facebook lazim nya lebih sering di akses ketimbang media-media di atas terutama youtube yang dinilai lebih boros dalam menghabiskan kuota internet meski hanya dalam itungan menit saja. menonton video di facebook ternyata jauh lebih menghemat kuota internet serta lebih menyenangkan. Melalui facebook kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia, sehingga tak jarang hal tersebut bisa di jadikan kesempatan untuk belajar dan membangun komunikasi dengan para bule di luar sana. Meski di youtube pun sejatinya mempunyai fasilitas diskusi yang berlangsung di kolom comment, namun proses komunikasi di facebook biasanya memiliki intensitas yang jauh lebih tinggi dari pada youtube, hal ini tidak lain  karena facebook sendiri pada dasarnya merupakan media sosial tempat orang berbagi pikiran dan komunikasi yang di akses banyak orang dari berbagai lapisan. Beberapa fanfage (istilah channel kalo di youtube) yang bisa di jadikan tempat untuk belajar bahasa inggris di antaranya CollageHumor, dan Nas Daily

Selain melalui video, belajar secara otodidak dapat di tunjang dengan hal lain nya seperti membaca buku full inggris, chatting dengan bule melalui aplikasi seperti Tinder, latihan speaking yang intens dan tentu saja berdoa pada Tuhan agar keinginan mu untuk belajar tersebut dapa di permudah dan di lancarkan.
Selamat mencoba...

Reactions:

0 comments:

Post a Comment