Saturday 23 February 2019

Marketing Online, Cara Gila Meningkatkan Keuntungan Restoran Berkali-kali Lipat


Industri kuliner  memang saat ini tumbuh begitu pesat dibandingkan beberapa tahun terakhir, hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya restauran atau cafe-cafe baru yang muncul di berbagai tempat di jalan-jalan yang kita lalui setiap hari. Hal ini menandakan bahwa bisnis kuliner berformat cafe dan resto menjadi segmen yang memiliki prospek tinggi dan menguntungkan. 

Akan tetapi kondisi tersebut turut juga menciptakakan tantangan dimana persaingan bisnis restoran menjadi semakin kompetitif dan resiko bangkrut yang semakin besar. Kesalahan dalam menerapkan stategi pemasaran menjadi satu hal yang menyebabkan suatu bisnis gulung tikar terutama pada era dimana dunia digital seperti media sosial tengah mengalami pertumbuhan begitu ekspolit,sehingga tercipta pemasaran online yang tengah menjadi tren saat ini, pemasaran online ini membuat konsumen dapat terhubung langsung dengan restauran (perusahaan) sehingga mempengaruhi motif mereka untuk membeli atau bahkan memberikan rekomendasi online. 

Oleh karena itu saya kira setiap perusahaan dalam hal ini sektor f&B restaurant perlu meningkatkan marketing branding agar mendapatkan keuntungan yang besar di bandingkan dengan resauran pesaing. Lalu, Bagaimana cara branding itu?                         

Mempromosikan staff pada Konsumen
Staf adalah aset berharga dalam sebuah bisnis, maka dari itu pihak restauran harus dapat memanfaatkan bakat, keahlian, kepribadian serta semangat mereka dengan managemen yang tepat serta membagikan momen-momen itu ke dalam media sosial restauran. Dengan membagikan postingan tentang mereka , pihak restoran telah membagi pandangan yang lebih baik tentang kualitas restoran beserta SDM restoran miliki, bahkan postingan tersebut bisa saja dibagikan kembali oleh staf pada jejaring media sosial pribadi mereka sehingga jangkauan postingan akan semakin besar



Fokus menambah pengikut di berbagai platform media sosial
Sebagai seorang yang aktif dalam menggunakan media sosial, saya sering kali melihat beberapa brand memfokuskan pemasaran pada instagram, mereka mungkin saja menempuh berbagai Cara untuk mendapatkan followers yang banyak dan itu berhasil jika dilihat perbandingan jumlah followers instagram yang biasanya jauh lebih banyak dari jumlah like di facebook. Padahal jika kita ulas lebih jauh, facebook memiliki keunggulan lain, dibanding instagram, facebook lebih efektif sebagai media promosi untuk mengumpulkan ulasan konsumen. Testimoni dari orang-orang biasanya cukup sukses dalam mempengaruhi keputusan membeli. sedangkan instagram lebih efektif dalam promosi visual seperti postingan gambar menu, tempat, fasilitas dll.

Bagaimana caranya? Menambah jumlah followers diinstagram dan like di facebook bisa menggunakan layanan iklan berbayar seperti google adwords adalah hal yang biasa, tapi ada juga cara lain yang lebih murah yakni dengan memanfaatkan metode promosi silang contohnya mendorong pengikut instagram untuk melike dan memberikan ulasan di akun official facebook melalui pengumuman di instagram dan memberikan bonus kecil bagi mereka yang memberikan ulasan terbaik

The Power of Promo, Manfaatkan itu dengan baik dengan media sosial
Sudah menjadi rahasia umum jika promosi diskon atau pun kupon dan gratisan selalu berhasil menarik pelanggan hal ini juga berlaku untuk restoran, beberapa promo tersebut bisa dilakukan dengan cara seperti ini :
  • Menggunakan hastag pada setiap postingan untuk mempermudah konsumen menemukan tempat, menu, lokasi bahkan promosi restoran kita, dengan begitu kita dapat menjangkau konsumen yang menjadi target serta serta menambah jumlah followers
  • Strategi lucky draw alias undian merupakan konsep promosi lain yang bisa restoran terapkan dimana mereka akan diberikan nomer undian setiap kali datang makan di restoran, pengumuman tersebut di adakan di akun media social resmi selama 1 atau 2 minggu sekali, bagi mereka yang menang akan di berikan hadiah misalnya dengan gratis menu makanan atau diskon 30% dari total tagihan. Promosi seperti ini dapat membantu mempertahankan dan menciptakan pelanggan baru
  • Menerapkan konsep happy hour yakni penawaran khusus di waktu-waktu tertentu misalnya menawarkan paket menu murah atau potongan harga untuk beberapa item menu hanya pada jam sibuk seperti jam istirahat atau jam pulang kantor. Strategi “happy hour” ini dapat memberikan dampak positif untuk menarik pelanggan bahkan merubah mereka menjadi konsumen loyal.
  • Menerapkan strategi user generated content, istilah ini tidak asing saya dengar kala duduk di bangku perkuliahan dulu, strategi ini merujuk pada cara perusahaan melakukan promosi dengan mamanfaatkan keterlibatan customer untuk menambah value dan branding restoran. Bahkan strategi ini pernah dilakukan sturbucks saat melaucing desain cup coffe terbaru mereka, karena ingin mengefisiensikan budget promosi mereka mengadakan kompetisi design cup coffe dimana para customer berlomba membuat design semenarik dan sekreatif mungkin, hasilnya mereka upload ke instagram dengan menggunakan hastag tertentu, pemenang akan mendapatkan hadiah dan design cup mereka akan menjadi cup resmi di starbucks. Strategi seperti itu benar-benar bisa menguntungkan pihak restoran, bagaimana tidak, melalui kompetisi tersebut pihak restoran telah menghemat banyak anggaran, disisi lain mereka juga diuntungkan dengan branding yang semakin meningkat pula. 
  • Promosi sampling, marketing terbaik pada bisnis kuliner adalah soal rasa dan apakah rasa itu disukai oleh orang banyak atau tidak. Semakin enak masakan yang dibuat di sebuah restoran, customer yang puas biasanya akan memberikan rekomendasi mulut ke mulut bahkan online, semakin banyak review yang bagus akan membentuk opini yang bagus juga pada calon konsumen potensial dan akhirnya mereka datang ke resto karena review tersebut. Metode sampling ini memiliki keuntungan yang besar maka dari itu harus di manfaatkan dengan baik oleh pihak manajemen resto, caranya, pihak resto dapat memilih menu terbaik dan paling enak  dan membawa sampel makanan tersebut ke acara-acara tertentu, minta orang-orang untuk mencicipi dan rekam bagaimana opini mereka tentang masakan yang anda buat, opini terbaik bisa diupload ke media sosial seperti instagram dan facebook juga youtube
  • Bermitra dengan aplikasi makanan onlie harus menjadi pertimbangan dalam strategi pemasaran restoran saat ini. review dari aplikasi makanan online dapat mempengaruhi konsumen untuk datang ke restoran kita. Beberapa aplikasi review makanan di indonesia ini harus kita gunakan seperti : Zomato, Foodsessive, Mangan, Wakuliner, Pergikuliner, Foody, Qraved, Chope, Klik-eat, Raja-makan, Kulineran, HungryDash, Go-food, Grab-Food, dll.
  • Bekerja sama dengan para influencer dari Instagram dan Youtube, menggunakan para influencer untuk mempromosikan resto kita bener-bener cara branding yang sangat efektif, suatu waktu saya pernah melihat Mgdalenaf seorang food vlogger dan selebgram membagikan video makan di sebuah warung bakso yang ia bagikan melalui instagram, video dengan durasi 1 menit itu berhasil di tonton lebih dari 500.000 tayangan dan mengundang 1 ribu lebih komen, padahal ia hanya memakan bakso biasa.  Atau seorang youtuber RiaSW yang berhasil membuat warung seblak jeletet murni begitu laris dan booming setelah ia melakukan review makanan disana. Kekuatan influencer yang begitu besar dapat resto gunakan untuk promosi bisnis yang efekif. 
Memperkuat SEO Lokal
Selain melakukan marketing brending dengan media sosial, pihak resto juga harus memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaan website dan memasukanya kedalam strategi pemasaran. Dibanding media sosial tentu website memiliki banyak kelebihan seperti menambah kredibilitas perusahaan, layaknya brosur online website membuat restoran dapat selalu terhubung dengan para konsumenya, mudah di akses serta dapat menjangkau target pasar yang lebih luas sehingga efektif. Karena fungsinya yang begitu besar inilah yang membuat persaingan website di search engine sangat kompetitif, dengan pengelolaan yang tidak optimal maka percuma saja website yang dibuat tidak akan mendatangkan benefit untuk perusahaan sendiri. Oleh karena itu optimalisasi seo harus dilakukan agar restoran kita berada di page one dan menjadi website teratas dalam pencarian di bandingkan para pesaing. 

Lalu bagaimana cara meningkatkan Seo lokal itu?

  Menggunakan keyword potensial untuk mendatangkan pelanggan
  Mendapatkan review sebanyak-banyaknya di akun Google My Business
  Konsisten dalam mengupdate konten di website
  Dan Menulis Blog!

Pentingnya menulis Blog untuk branding
Sebagai seorang blogger dan cukup sering membuat tulisan-tulisan copywriter sebuah produk, keberadaan blog memiliki peranan penting dalam branding sebuah persuahaan. Menulis blog di webstie merupakan cara yang bagus untuk membangun komunitas dan membuat restoran tetap terhubung dengan pelanggan. Blog memberikan kesempatan untuk memberitahukan pada konsumen tentang eksistensi dan ciri khas restoran kita. Melalui blog kita bisa menjangkau konsumen secara lebih spesifik dan memungkinkan website kita selalu muncul dalam seacrh engine sehingga kemungkinan orang-orang untuk tau dan mengingat merek kita juga semakin besar. Artikel adalah kunci untuk membentuk citra dan mempengaruhi keputusan seseorang. Artikel merupakan konten utama yang dicari di search engine, setiap orang yang masuk ke google selalu punya pertanyaan yang di cari dan menginginkan jawaban relevan atas pertanyaan mereka, maka tugas artikel blog adalah memenuhi kebetuhan itu. pihak restoran dapat membuat artikel-artikel dengan menggunakan keyword potensial yang bisa mendatangkan trafik pembaca dari pengujung nasional dan lokal . 

Dengan konsisten membuat artikel dengan keyword potensial seperti itu kita mempunyai kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat trafik website kita menjadi pertama diantara restoran pesaing

Selain membuat artikel di blog website sendiri kita bisa bekerjasama dengan para blogger untuk mengulas restoran kita melalui event blog competion, cara branding seperti ini sering sekali dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar contohnya Asus, Samsung, atau produk kecantikan seperti Ertos dan wardah setiap kali mereka mengeluarkan produk terbarunya. 


Mereka seringkali mengadakan blog competisi untuk membranding produk terbaru, menciptakan ulasan positif untuk perusahaan, menguasi berbagai kata kunci di mesin pencari untuk menggaet calon konsumen sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa menjadi cara efektif untuk memperkenalkan produk dengan cepat, karena persentasi pembeli rasional itu sangatlah banyak, mereka cenderung mencari tahu dulu sebelum membeli dan menggunakan sebuah produk atau jasa dengan terlebih dahulu melihat ulasan-ulasan orang di internet sebelum akhirnya membelinya.

(keywords: cara meningkatkan keuntungan restoran, strategi pemasaran untuk restoran baru, strategi marketing untuk restoran, strategi marketing online untuk restoran, strategi marketing offline untuk restoran)

3 comments:

  1. Jangan lewatkan Promo meriah akhir tahun 2019 di Agen Bolavita !

    Bolavitamenyediakan berbagai jenis taruhan online seperti Sabung Ayam Live, Casino, Sportsbook seperti Taruhan Bola, Basket, Futsal, Boxing, Balapan GP, Bola Tangkas, Togel Online, Tembak Ikan, Slot, Ding-Dong, Bingo, Poker Online, Dan Masih banyak lainnya yang sangat lengkap !

    Promo Bagi-Bagi Hadiah ! Event ini mulai 1-30 Desember 2019 !
    » Hp Samsung Galaxy S10
    » Hp Vivo V17 Pro
    » Hp Xiaomi Note 7
    » Hp Oppo Reno 2
    » Hp Advan G3

    Promo Bonus Credit !
    • Bonus 10% Deposit Pertama
    • Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    • Bonus Referral 7% + 2%
    • Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)

    Menerima Transaksi Deposit & Withdraw via Linkaja| Gopay | Ovo | Pulsa | Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia

    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) : https://bit.ly/2VD8fER
    Link Layanan Whatsapp (24 Jam Online) : https://bit.ly/31SZvwy

    Layanan 24 Jam Online Setiap Hari :
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » Nomor WA : +62812-2222-995
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  2. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete