Industri kuliner memang saat ini tumbuh
begitu pesat dibandingkan beberapa tahun terakhir, hal ini bisa dilihat dari
semakin banyaknya restauran atau cafe-cafe baru yang muncul di berbagai tempat di jalan-jalan yang kita lalui setiap hari. Hal ini
menandakan bahwa bisnis kuliner berformat cafe dan resto menjadi segmen yang
memiliki prospek tinggi dan menguntungkan.
Akan tetapi kondisi tersebut turut juga
menciptakakan tantangan dimana persaingan bisnis restoran menjadi semakin
kompetitif dan resiko bangkrut yang semakin besar. Kesalahan dalam menerapkan
stategi pemasaran menjadi satu hal yang menyebabkan suatu bisnis gulung tikar
terutama pada era dimana dunia digital seperti media sosial tengah mengalami
pertumbuhan begitu ekspolit,sehingga tercipta pemasaran online yang tengah
menjadi tren saat ini, pemasaran online ini membuat konsumen dapat terhubung
langsung dengan restauran (perusahaan) sehingga mempengaruhi motif mereka untuk
membeli atau bahkan memberikan rekomendasi online.
Oleh karena itu saya kira
setiap perusahaan dalam hal ini sektor f&B restaurant perlu meningkatkan
marketing branding agar mendapatkan keuntungan yang besar di bandingkan dengan
resauran pesaing. Lalu, Bagaimana cara branding itu?
Mempromosikan
staff pada Konsumen
Staf adalah aset berharga dalam sebuah bisnis, maka
dari itu pihak restauran harus dapat memanfaatkan bakat, keahlian, kepribadian
serta semangat mereka dengan managemen yang tepat serta membagikan momen-momen
itu ke dalam media sosial restauran. Dengan membagikan postingan tentang mereka
, pihak restoran telah membagi pandangan yang lebih baik tentang kualitas
restoran beserta SDM restoran miliki, bahkan postingan tersebut bisa saja
dibagikan kembali oleh staf pada jejaring media sosial pribadi mereka sehingga
jangkauan postingan akan semakin besar
Fokus
menambah pengikut di berbagai platform media sosial
Sebagai seorang yang aktif dalam menggunakan media
sosial, saya sering kali melihat beberapa brand memfokuskan pemasaran pada
instagram, mereka mungkin saja menempuh berbagai Cara untuk mendapatkan
followers yang banyak dan itu berhasil jika dilihat perbandingan jumlah
followers instagram yang biasanya jauh lebih banyak dari jumlah like di
facebook. Padahal jika kita ulas lebih jauh, facebook memiliki keunggulan lain,
dibanding instagram, facebook lebih efektif sebagai media promosi untuk
mengumpulkan ulasan konsumen. Testimoni dari orang-orang biasanya cukup sukses
dalam mempengaruhi keputusan membeli. sedangkan instagram lebih efektif dalam
promosi visual seperti postingan gambar menu, tempat, fasilitas dll.
Bagaimana caranya? Menambah jumlah followers
diinstagram dan like di facebook bisa menggunakan layanan iklan berbayar
seperti google adwords adalah hal yang biasa, tapi ada juga cara lain yang
lebih murah yakni dengan memanfaatkan metode promosi silang contohnya mendorong
pengikut instagram untuk melike dan memberikan ulasan di akun official facebook
melalui pengumuman di instagram dan memberikan bonus kecil bagi mereka yang
memberikan ulasan terbaik
The
Power of Promo, Manfaatkan itu dengan baik dengan media sosial
Sudah menjadi rahasia umum jika promosi diskon atau
pun kupon dan gratisan selalu berhasil menarik pelanggan hal ini juga berlaku
untuk restoran, beberapa promo tersebut bisa dilakukan dengan cara seperti ini :
- Menggunakan hastag pada setiap postingan untuk mempermudah konsumen menemukan tempat, menu, lokasi bahkan promosi restoran kita, dengan begitu kita dapat menjangkau konsumen yang menjadi target serta serta menambah jumlah followers
- Strategi lucky draw alias undian merupakan konsep promosi lain yang bisa restoran terapkan dimana mereka akan diberikan nomer undian setiap kali datang makan di restoran, pengumuman tersebut di adakan di akun media social resmi selama 1 atau 2 minggu sekali, bagi mereka yang menang akan di berikan hadiah misalnya dengan gratis menu makanan atau diskon 30% dari total tagihan. Promosi seperti ini dapat membantu mempertahankan dan menciptakan pelanggan baru
- Menerapkan konsep happy hour yakni penawaran khusus di waktu-waktu tertentu misalnya menawarkan paket menu murah atau potongan harga untuk beberapa item menu hanya pada jam sibuk seperti jam istirahat atau jam pulang kantor. Strategi “happy hour” ini dapat memberikan dampak positif untuk menarik pelanggan bahkan merubah mereka menjadi konsumen loyal.
- Menerapkan strategi user generated content, istilah ini tidak asing saya dengar kala duduk di bangku perkuliahan dulu, strategi ini merujuk pada cara perusahaan melakukan promosi dengan mamanfaatkan keterlibatan customer untuk menambah value dan branding restoran. Bahkan strategi ini pernah dilakukan sturbucks saat melaucing desain cup coffe terbaru mereka, karena ingin mengefisiensikan budget promosi mereka mengadakan kompetisi design cup coffe dimana para customer berlomba membuat design semenarik dan sekreatif mungkin, hasilnya mereka upload ke instagram dengan menggunakan hastag tertentu, pemenang akan mendapatkan hadiah dan design cup mereka akan menjadi cup resmi di starbucks. Strategi seperti itu benar-benar bisa menguntungkan pihak restoran, bagaimana tidak, melalui kompetisi tersebut pihak restoran telah menghemat banyak anggaran, disisi lain mereka juga diuntungkan dengan branding yang semakin meningkat pula.
- Promosi sampling, marketing terbaik pada bisnis kuliner adalah soal rasa dan apakah rasa itu disukai oleh orang banyak atau tidak. Semakin enak masakan yang dibuat di sebuah restoran, customer yang puas biasanya akan memberikan rekomendasi mulut ke mulut bahkan online, semakin banyak review yang bagus akan membentuk opini yang bagus juga pada calon konsumen potensial dan akhirnya mereka datang ke resto karena review tersebut. Metode sampling ini memiliki keuntungan yang besar maka dari itu harus di manfaatkan dengan baik oleh pihak manajemen resto, caranya, pihak resto dapat memilih menu terbaik dan paling enak dan membawa sampel makanan tersebut ke acara-acara tertentu, minta orang-orang untuk mencicipi dan rekam bagaimana opini mereka tentang masakan yang anda buat, opini terbaik bisa diupload ke media sosial seperti instagram dan facebook juga youtube
- Bermitra dengan aplikasi makanan onlie harus menjadi pertimbangan dalam strategi pemasaran restoran saat ini. review dari aplikasi makanan online dapat mempengaruhi konsumen untuk datang ke restoran kita. Beberapa aplikasi review makanan di indonesia ini harus kita gunakan seperti : Zomato, Foodsessive, Mangan, Wakuliner, Pergikuliner, Foody, Qraved, Chope, Klik-eat, Raja-makan, Kulineran, HungryDash, Go-food, Grab-Food, dll.
- Bekerja sama dengan para influencer dari Instagram dan Youtube, menggunakan para influencer untuk mempromosikan resto kita bener-bener cara branding yang sangat efektif, suatu waktu saya pernah melihat Mgdalenaf seorang food vlogger dan selebgram membagikan video makan di sebuah warung bakso yang ia bagikan melalui instagram, video dengan durasi 1 menit itu berhasil di tonton lebih dari 500.000 tayangan dan mengundang 1 ribu lebih komen, padahal ia hanya memakan bakso biasa. Atau seorang youtuber RiaSW yang berhasil membuat warung seblak jeletet murni begitu laris dan booming setelah ia melakukan review makanan disana. Kekuatan influencer yang begitu besar dapat resto gunakan untuk promosi bisnis yang efekif.
Memperkuat
SEO Lokal
Selain melakukan marketing brending dengan media
sosial, pihak resto juga harus memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaan
website dan memasukanya kedalam strategi pemasaran. Dibanding media sosial
tentu website memiliki banyak kelebihan seperti menambah kredibilitas
perusahaan, layaknya brosur online website membuat restoran dapat selalu
terhubung dengan para konsumenya, mudah di akses serta dapat menjangkau target
pasar yang lebih luas sehingga efektif. Karena fungsinya yang begitu besar
inilah yang membuat persaingan website di search engine sangat kompetitif,
dengan pengelolaan yang tidak optimal maka percuma saja website yang dibuat
tidak akan mendatangkan benefit untuk perusahaan sendiri. Oleh karena itu
optimalisasi seo harus dilakukan agar restoran kita berada di page one dan
menjadi website teratas dalam pencarian di bandingkan para pesaing.
Lalu
bagaimana cara meningkatkan Seo lokal itu?
• Menggunakan
keyword potensial untuk mendatangkan pelanggan
• Mendapatkan
review sebanyak-banyaknya di akun Google My Business
• Konsisten
dalam mengupdate konten di website
• Dan
Menulis Blog!
Pentingnya
menulis Blog untuk branding
Sebagai seorang blogger dan cukup sering membuat tulisan-tulisan copywriter
sebuah produk, keberadaan blog memiliki peranan penting dalam branding sebuah
persuahaan. Menulis blog di webstie merupakan cara yang bagus untuk membangun
komunitas dan membuat restoran tetap terhubung dengan pelanggan. Blog
memberikan kesempatan untuk memberitahukan pada konsumen tentang eksistensi dan
ciri khas restoran kita. Melalui blog kita bisa menjangkau konsumen secara
lebih spesifik dan memungkinkan website kita selalu muncul dalam seacrh engine
sehingga kemungkinan orang-orang untuk tau dan mengingat merek kita juga
semakin besar. Artikel adalah kunci untuk membentuk citra dan mempengaruhi
keputusan seseorang. Artikel merupakan konten utama yang dicari di search
engine, setiap orang yang masuk ke google selalu punya pertanyaan yang di cari
dan menginginkan jawaban relevan atas pertanyaan mereka, maka tugas artikel
blog adalah memenuhi kebetuhan itu. pihak restoran dapat membuat artikel-artikel
dengan menggunakan keyword potensial yang bisa mendatangkan trafik pembaca dari
pengujung nasional dan lokal .
Dengan konsisten membuat artikel dengan keyword potensial seperti itu kita
mempunyai kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuat trafik
website kita menjadi pertama diantara restoran pesaing
Selain membuat artikel di blog website sendiri kita
bisa bekerjasama dengan para blogger untuk mengulas restoran kita melalui event
blog competion, cara branding seperti ini sering sekali dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan besar contohnya Asus, Samsung, atau produk kecantikan
seperti Ertos dan wardah setiap kali mereka mengeluarkan produk terbarunya.
Mereka seringkali mengadakan blog competisi untuk membranding produk terbaru,
menciptakan ulasan positif untuk perusahaan, menguasi berbagai kata kunci di
mesin pencari untuk menggaet calon konsumen sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa
menjadi cara efektif untuk memperkenalkan produk dengan cepat, karena
persentasi pembeli rasional itu sangatlah banyak, mereka cenderung mencari tahu
dulu sebelum membeli dan menggunakan sebuah produk atau jasa dengan terlebih
dahulu melihat ulasan-ulasan orang di internet sebelum akhirnya membelinya.
(keywords: cara meningkatkan keuntungan restoran, strategi pemasaran untuk restoran baru, strategi marketing untuk restoran, strategi marketing online untuk restoran, strategi marketing offline untuk restoran)
(keywords: cara meningkatkan keuntungan restoran, strategi pemasaran untuk restoran baru, strategi marketing untuk restoran, strategi marketing online untuk restoran, strategi marketing offline untuk restoran)
Makasih tipsnya.
ReplyDeleteJangan lewatkan Promo meriah akhir tahun 2019 di Agen Bolavita !
ReplyDeleteBolavitamenyediakan berbagai jenis taruhan online seperti Sabung Ayam Live, Casino, Sportsbook seperti Taruhan Bola, Basket, Futsal, Boxing, Balapan GP, Bola Tangkas, Togel Online, Tembak Ikan, Slot, Ding-Dong, Bingo, Poker Online, Dan Masih banyak lainnya yang sangat lengkap !
Promo Bagi-Bagi Hadiah ! Event ini mulai 1-30 Desember 2019 !
» Hp Samsung Galaxy S10
» Hp Vivo V17 Pro
» Hp Xiaomi Note 7
» Hp Oppo Reno 2
» Hp Advan G3
Promo Bonus Credit !
• Bonus 10% Deposit Pertama
• Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
• Bonus Referral 7% + 2%
• Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
Menerima Transaksi Deposit & Withdraw via Linkaja| Gopay | Ovo | Pulsa | Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia
Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) : https://bit.ly/2VD8fER
Link Layanan Whatsapp (24 Jam Online) : https://bit.ly/31SZvwy
Layanan 24 Jam Online Setiap Hari :
» ID Wechat : Bolavita
» ID Telegram : @bolavitacc
» Nomor WA : +62812-2222-995
» ID Line : cs_bolavita
kelinci99
ReplyDeleteTogel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino